Fungsi Kata Kerja Bantu (Auxiliary Verb)

Adapun fungsi dari kata kerja bantu atau sering dikenal dengan istilah auxiliary verb adalah sebagai berikut:

Passive Voice

Kata bantu be digunakan bersama dengan kata kerja bentuk ke tiga atau past participle untuk membentuk kalimat pasif atau passive voice. Sebagai contoh, pada kalimat “the door was opened” mengindikasikan bahwa seseorang atau sesuatu telah membukanya, tanpa menerangkan apa atau siapakah yang membukanya. Karena banyak past participle bersifat statis, passive voice terkadang menjadi ambigu; sebagai contoh, ”at 8.25, the window was closed” dapat berarti “pada jam 8.25, seseorang telah menutup jendela”, atau “pada jam 8.25, jendela itu tidak dibuka.” Mungkin, karena abiguitas ini, kata “get” terkadang digunakan dalam bahasa pergaulan sehari-hari dari pada “be” untuk membentuk kalimat pasif, “at 8.25, the window got closed.”

Progressive Aspect (kejadian yang sedang berlangsung)

Kata bantu “be” digunakan bersama dengan kata kerja bentuk satu untuk menunjukkan bahwa kejadian itu sedang berlangsung; sebagai contoh, “I am riding my bicycle” mendiskripsikan apa yang sedang dilakukan oleh subjek pada waktu tersebut tanpa mengindikasikan kapan kejadian itu selesai, sedangkan “I ride my bicycle” adalah kalimat yang menunjukkan arti yang lebih luas yang menunjukkan bahwa sesuatu terjadi sebagai suatu kebiasaan di masa lalu, sekarang dan yang akan datang.  Sama juga jika kalimat-kalimat tersebut dibuat dalam bentuk ”past participle” atau “past continuous” dan “past tense” namun kalimat tersebut menunjukkan bahwa kejadian sudah berlangsung.

Perfect Aspect

Kata bantu have digunakan bersama dengan kata kerja bentuk ke 3 untuk mengindikasikan kejadian yang telah terjadi: sebuah pengalaman sekarang yang dialami oleh subjek sebagai akibat dari apa yang telah dilakukan di masa lalu. Sebagai contoh, dalam kalimat “I have visited Paris” menunjukkan bahwa kunjungan seseorang ke paris pada masa lalu, sementara kejadian dimasa lalu adalah sedang mengunjungi Paris. Kejadian masa lalu mungkin sedang berlangsung, seperti dalam “I have been studying all night”. Sebuah contoh yang melibatkan akibat dari statement masa lalu atau aksi lampau adalah “I have known that for a long time”, dimana pernyataan lampau masih ada (saya masih mengetahuinya) bersama dengan pernyataan akibat (saya adalah orang yang pernah mengetahuinya beberapa waktu yang lalu). Sebuah contoh yang melibatkan akibat dari pernyataan masa lalu yang tidak lagi terjadi sekarang adalah “I have felt bad in the past, but not recently”. Penggunaan alternatif kata “had” daripada “have” meletakkan perspektif dari mana sudut pandang kita melihatnya di masa lalu: “By 1985 I had visited Paris” mendiskripsikan bahwa tepat pada tahun 1985 itulah kunjungan ke Paris terjadi.

Modality

Modality berarti sikat pembicara terhadap kejadian atau pernyataan itu diekspresikan, baik dalam seberapa besar kemungkinan yang ada atau “degree of probability” (“The sun must be down already”, “The sun should be down already”, “The sun may be down already”, “The sun might be down already”), kemampuan atau “ability” (“I can speak French”), atau permission or obligation (“You must go now”, “You should go now”, “You may go now”). Lihat “modal verb” dan “English modal verb.

Dummy (Pengganti)

Do, does, atau did berperan sebagai kata pengganti/pembantu dalam mengubah kata kerja-kata kerja sederhana menjadi pertanyaan-pertanyaan atau kalimat-kalimat negatif: “I go” menjadi “Do I go?”, “I do not go”; “He goes” menjadi “Does he go?”, “He does not go”; “I went” menjadi “Did I go?”, “I din not go”.

Emphasis (Menekankan)

Kata bantu do, does, dan did juga digunakan untuk menekankan pernyataan positif dimana kata kerja tersebut, dengan kata lain, juga hanya mengandung hanya satu kata: “I do like this shirt!”, “He does like this shirt”, ”I did like that shirt”.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s